PENINGKATAN
KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI
DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VB
SD NEGERI GEMOLONG 1
TAHUN AJARAN 2009/2010
ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
menulis
karangan deskripsi dengan menerapkan metode field trip pada siswa kelas VB
SD
Negeri Gemolong 1 Sragen pada 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian
Tindakan
Kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan
analisis
dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil
tindakan
dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan,
yang
mencakup kelemahan dan kekuatan kerja siswa dan guru dalam proses
belajarmengajar.
Hasil
penelitian menyimpulkan bahwa metode field trip dapat meningkatkan
kualitas
proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi. Peningkatan proses
ditandai
dengan meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran menulis karangan
deskripsi,
dari 65,38% pada siklus I menjadi 84,61% pada siklus II. Peningkatan kualitas
hasil
pembelajaran ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis karangan
deskripsi
siswa dari rentang 48-74 pada siklus I menjadi 54- 78 pada siklus II.
Kata
Kunci: menulis karangan deskripsi, field trip, dan Penelitian
Tindakan Kelas
(PTK)
Hasil Reproduksi
Metode penelitian yang dipakai adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan
tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas (Arikunto,
dkk., 2008: 58) dan metode
field trip yang merupakan suatu strategi
pembelajaran yang memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber dan sarana belajar memperdalam pelajaran dengan
melakukan observasi suatu objek yang ada secara langsung.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa
metode field trip dapat meningkatkan
kualitas proses dan hasil pembelajaran
menulis karangan deskripsi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
menulis karangan deskripsi dengan
menerapkan metode field trip pada siswa kelas VB
SD Negeri Gemolong 1 Sragen pada
2009/2010.
Kata
Kunci: menulis karangan deskripsi, field trip,
dan Penelitian Tindakan
Kelas
(PTK)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar