Senin, 11 Juni 2012

membaca komprehensif


PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI
DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VB
SD NEGERI GEMOLONG 1 TAHUN AJARAN 2009/2010

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
menulis karangan deskripsi dengan menerapkan metode field trip pada siswa kelas VB
SD Negeri Gemolong 1 Sragen pada 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan
analisis dokumen. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil
tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan,
yang mencakup kelemahan dan kekuatan kerja siswa dan guru dalam proses belajarmengajar.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode field trip dapat meningkatkan
kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi. Peningkatan proses
ditandai dengan meningkatnya keaktifan dalam pembelajaran menulis karangan
deskripsi, dari 65,38% pada siklus I menjadi 84,61% pada siklus II. Peningkatan kualitas
hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai menulis karangan
deskripsi siswa dari rentang 48-74 pada siklus I menjadi 54- 78 pada siklus II.
Kata Kunci: menulis karangan deskripsi, field trip, dan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)

                                                            Hasil Reproduksi
Metode penelitian yang dipakai adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas (Arikunto, dkk., 2008: 58) dan metode field trip yang merupakan suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan
lingkungan sebagai sumber dan sarana belajar memperdalam pelajaran dengan melakukan observasi suatu objek yang ada secara langsung.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode field trip dapat meningkatkan
kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis karangan deskripsi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran
menulis karangan deskripsi dengan menerapkan metode field trip pada siswa kelas VB
SD Negeri Gemolong 1 Sragen pada 2009/2010.

Kata Kunci: menulis karangan deskripsi, field trip, dan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar